Kisaran Ukuran Sel

Gambar 1. Kisaran Ukuran Sel

        Sebagian besar sel berdiameter antara 1 ~ 100 mikrometer (um), dengan volume berkisar antara 1 — 1.000 um^3. Sel hewan berdiameter sekitar 20 um, sel tumbuhan berdiameter sekitar 40 um, sel Amoeba 90 — 800 um, dan sel alga yang besar berdiameter 50.000 um (50 mm). Ukuran sel yang sangat kecil tersebut menyebabkan sel sulit diamati dengan mata telanjang. Oleh karena itu, digunakan mikroskop untuk mengamati sel. Mikroskop yang biasanya digunakan di laboratorium sekolah adalah mikroskop cahaya (light microscope, LM). Pada mikroskop cahaya, cahaya tampak dilewatkan melalui spesimen menembus lensa kaca. Lensa kaca merefraksi (membelokkan) cahaya, kemudian bayangan spesimen diperbesar dan diproyeksikan ke mata.

        Pengamatan struktur subseluler atau tingkat organel yang berada di dalam sel, tidak dapat diamati dengan mikroskop cahaya. Organel-organel sel hanya dapat diamati menggunakan mikroskop elektron (electron microscope, EM). Mikroskop elektron memfokuskan berkas elektron melalui spesimen. Berkas elektron memiliki panjang gelombang yang jauh lebih pendek dari panjang gelombang cahaya tampak. Resolusi (penguraian) mikroskop elektron kira-kira 0,1 nanometer (nm) atau ratusan kali lipat lebih kecil dibandingkan dengan mikroskop cahaya. Mikroskop elektron baik sekali digunakan untuk mengkaji spesimen sel mati, sedangkan mikroskop cahaya lebih cocok dipergunakan untuk mengkaji spesimen sel-sel hidup.

Terdapat dua jenis mikroskop elektron yang digunakan saat ini, yaitu:;

1. Mikroskop elektron transmisi (transmission electron microscope, TEM), digunakan untuk mengkaji struktur ultra internal sel.
2. Mikroskop elektron payar (scanning electron microscope, SEM), digunakan untuk mengamati permukaan spesimen. 

KLIK DISINI Baca Info Menarik Selanjutnya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GUGUS BINTANG

LUMINOSITAS, FLUKS & MAGNITUDO BINTANG

Pengamatan PENAPIS Hα dan Ca II